Kamis, Januari 26, 2012

TABEL, GRAFIK, DAN DIAGRAM


Tabel 
Dalam KBBI tabel diartikan sebagai daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi, yang bahasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem/sistematis urut ke bawah di lajur dan berderet tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.
Fungsi tabel:

  1. untuk memberikan rangkuman informasi yang dinyatakan dengan angka-angka;
  2. dapat dengan mudah mengetahui berbagai perubahan yang telah berlangsung dalam suatu masalah.




Grafik
Dalam KBBI grafik diartikan sebagai lukisan pasang surut keadaan dengan garis atau gambar (turun naiknya hasil, statistik, dan lain-lain).
Fungsi grafik: diharapkan informasi bisa lebih cepat dipahami pembaca.
Macam-macam grafik:

  • grafik batang/balok/barchart

Grafik ini sering disebut juga dengan histogram. Grafik batang dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat atau nilai dari beberapa aspek/variabel.

  • grafik garis

Grafik ini sering disebut juga dengan poligon. Grafik garis berguna untuk memperagakan perubahan suatu nilai menurut waktu.

  • grafik bundar/lingkaran

Grafik ini sering disebut juga dengan cyrclegram atau diagram pastel. Grafik bundar dipakai untuk memaparkan pecahan atau persentase dari suatu nilai total.

Perbedaan antara tabel dan grafik 
Perbedaan antara tabel dan grafik adalah dalam cara memberikan suatu informasi. Jika tabel merupakan informasi berupa kata dan angka-angka dalam suatu lajur atau kolom, sedangkan dalam grafik informasinya berbentuk gambar.



Diagram
Diagram merupakan gambaran hubungan dan kedudukan unsur objek untuk memperhatikan atau menerangkan sesuatu. Dengan kata lain, diagram menunjukkan unsur-unsur yang dijelaskan, kedudukan antarunsur, dan hubungannya. Kedudukan antarunsur ditunjukkan dengan penempatan unsur yang satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar: